Jan

10

Xavi Hernandez Kemungkinan Besar Tidak Pensiun Di Barca

By admin

 

Xavi Hernandez Kemungkinan Besar Tidak Pensiun Di Barca – Wakil kapten Barcelona Xavi Hernandez mengatakan kalau dirinya kemungkinan besar tidak pensiun di Barcelona. Bagi dirinya hal ini tentu saja dapat dipahami, mengingat persaingan sengit di poros tengah Catalan membuatnya berniat pensiun di tempat lain.

Kemungkinan salah satu pemain yang menyerap gaya permainan ala tiki-taka, yang membuat jebolan akademi La Masia itu sangat gemilang, setelah bermain sejak berusia 11 tahun dan lebih dari 700 pertandingan di tim senior telah dijalani oleh Xavi Hernandez.

Pemain internasional Spanyol itu meneken kontrak baru pada tahun lalu, di mana membuatnya bertahan di Nou Camp hingga 2016, namun menurut penuturannya kepada pihak media di Spanyol, kemungkinan besar sulit baginya untuk bertahan dalam permainan dalam standar tinggi untuk jangka waktu ke depannya, guna mengakhiri karir di Barcelona.

“Tidak pernah mudah untuk mengakhiri karir di Barcelona,” tukas Xavi. “Saya sama sekali tidak tahu, apakah saya siap mengakhiri karir di Nou Camp. Sebenarnya saya ingin. Namun saya tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang.”

Xavi, yang akan berganti usia menjadi 34 tahun pada 25 Januari mendatang, memiliki permasalahan dengan otot betis dalam beberapa tahun terakhir, kendati sejauh ini ia bisa mengatasi hal itu dengan baik untuk memenangkan Piala Dunia, kejuaraan Piala Eropa, Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey.

Ternyata permasalahan sepertinya belum berakhir, dan berlanjut pada musim ini, meski Xavi terakhir kali merumput saat Barca menaklukkan Elche empat gol tanpa balas dalam laga lanjutan La Liga di awal tahun ini setelah libur musim dingin, pelatih Gerardo Martino memberikan konfirmasi kalau ia mengistirahatkannya untuk pertandingan di ajang Copa del Rey melawan Getafe.

Xavi mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu dampak berkepanjangan karena ia telah tampil sebanyak mungkin pada beberapa musim terakhir, namun ia menegaskan dalam kondisi prima untuk saat ini, sebagaimana ia lebih berhati-hati dengan kondisi tubuhnya.

“Saya tidak ingin absen satu pertandingan pun, dan ternyata hal itu harus saya bayar mahal untuk saat ini,” keluh Xavi. “Kini saya melihat betapa pentingnya rotasi dan saya membutuhkan lebih banyak lagi. Di sini, di Spanyol, orang-orang cenderung terlalu membesarkan ketika ada pemain yang sudah mencapai 30 tahun. Sejujurnya, kondisi saya bahkan jauh lebih prima dibandingkan seluruh karir saya sebelumnya. Jauh lebih matang, fisik juga mumpuni dan saya mempelajari banyak hal.”

Ketika karirnya untuk pensiun telah tiba, gelandang kelahiran Terrassa itu mengatakan kalau ia tidak akan meninggalkan dunia lapangan hijau.

“Saya belum menetapkan apakah ingin menjadi pelatih atau tidak, karena saya masih bermain saat ini dan saya belum memikirkan sejauh itu,” lanjut Xavi. “Saya mencintai sepakbola dan tetap akan bersentuhan dengan dunia ini. Apalagi yang bisa saya lakukan? Apakah menjadi pakar ekonomi?” (Win)