Jun

18

Roman Abramovich Sang Pionir

By admin

Abramovich - beritabolaunik.com

Berita Piala Dunia – Mantan direktur olahraga Frank Arnesen, mengatakan bahwa pemilik Chelsea, Roman Abramovich adalah pelopor yang telah mengubah sepakbola dalam masa kepemimiliakannya selama 10 tahun ini.

 Chelsea telah memenangkan tiga gelar Premier League, satu Liga Champions, Piala UEFA League dan empat Piala FA sejak miliarder Rusia membeli klub yang bermarkas di Stanford Bridge ini pada bulan Juli 2003 seharga 140 juta poundsterling.“Saya pikir dia telah menjadi pelopor, tidak hanya untuk sepak bola di Inggris, tetapi di seluruh dunia,” kata Arnesen seperti dikutip di BBC Sport.“Dia adalah orang pertama yang datang, membeli klub dan menginvestasikan uang kepada klub tersebut.”

 Abramovich merevolusi Chelsea setelah membel imereka dari pemilik sebelumnya, Ken Bates, menghabiskan lebih dari £ 100m pada transfer di musim panas pertamanya untuk mendatangkan para pemain baru seperti Juan Sebastian Veron, Joe Cole dan Claude Makelele.

 Dan membawa manajer Jose Mourinho dari Porto setahun kemudian, yang baru saja memenangi liga Champions bersama klubnya terdahulu, dan Chelsea kemudian berhasil memenangkan gelar pertama mereka atas penantian selama 50 tahun di 2004- 2005. Serta piala dan title lain terus mengikuti. Berita Piala Dunia

 Keberhasilan dengan mengelontorkan dana yang besar seperti Abramovich kemudian direplikasi oleh miliarder di Manchester City dan Paris St-Germain. “Ini belum pernah terjadi di mana saja di dunia,” ujarArnesen, yang mengundurkan diri dari jabatannya di Stamford Bridge pada tahun 2010.

 “Kemudian  anda dapat melihat Manchester City dan banyak klub dengan pemilik dari luar, tetapi Abramovich adalah yang pertama yang datang, sangat serius tentang hal itu, membuat dampak dan ingin melakukan segala sesuatu  demi kelangsungan klub, tidak hanya untuk tim pertama tetapi juga untuk tim junior serta stadion .”

 “Kadang-kadang saya berbicara dengan dia dua atau tiga kali seminggu, kadang-kadang anda tidak berbicara dengannya selama sebulan karena ia memiliki banyak hal lain yang harus dikerjaikan, ia memiliki bisnis besar untuk dijalankan” ujar Arnesen.

 Namun Arnesen mengatakan bahwa Abramovich tidak mengerti secara dalam mengenai sepak bola, namun sangat menikmati sebuah pertandingan, Abramovich juga dikatakannya sering menonton pertandingan pemain muda pemain binaan akademi.

 Apakah kesuksesan disebuah klub itu tergantung dengan banyaknya uang yang digelontorkan pemilik klub? Sepertinya tidak, uang dapat mendatangkan para pemain kelas wahid untuk berlabuh di sebuah klub, namun keberhasilan klub tidak tergantung pada kualitas seorang pemain belaka, dibutuhkan kerjasama antara pemain, antar pemain dan staff dan para staff dengan para petinggi klub. Hal itulah yang cukup dijaga oleh Abramovich, pria Rusia berambisi tinggi, yang sering berinteraksi dengan para petinggi klub, pelatih, staff dan juga para pemain di klubnya. Berita Piala Dunia