Dec

10

Roller Coaster Fluminense

By admin

Roller Coaster Fluminense

Roller Coaster Fluminense – Fluminense yang berada di bawah kepemimpinan Dorival Junior, tampaknya masuk ke dalam rekor serta sejarah penyelenggaraan Liga Brasiliero musim ini. Fluminense menjadi tim Brazil pertama yang harus terdegradasi musim ini dengan status sebagai juara bertahan Liga Brasiliero musim sebelumnya. Praktis Fluminense mengalami musim yang buruk dan bagaikan roller coaster di 2 musim berkompetisi di Liga Brasiliero tersebut. Tentu saja Dorival Junior menjadi pelatih pertama yang masuk ke dalam sejarah Liga Brasiliero yang mampu melakukan hal tersebut. Sebuah rekor yang buruk tentunya.

Fluminense seperti disebutkan diatas memang menjadi klub pertama dalam sejarah kompetisi Serie A Brasil yang harus rela turun kasta dan terdegradasi musim ini dengan status juara bertahan yang mereka raih pada musim sebelumnya. Sedangkan juara Liga Brasileiro Serie A sendiri diraih oleh Cruzeiro yang sudah dipastikan mereka dapat beberapa pekan sebelumnya dengan jarak selisih yang cukup jauh dengan penghuni posisi 2. Praktis musim depan Fluminense tidak akan berlaga di kompetisi akbar di Liga Brasileiro Serie A tahun depan.

Fluminense sendiri berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 pada partai terakhir ketika mereka menghadapi Vitoria Bahia. Namun sayangnya perolehan 3 poin tersebut ternyata tidak bisa membuat pasukan Dorival Junior ini terhindar dari ancaman degradasi. Dan Fluminense akhirnya resmi dan harus rela untuk turun kasta dan berada di divisi di bawah Liga Brasileiro Serie A setelah rival mereka, Coritiba juga meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas salah satu tim unggulan Sao Paulo. Praktis Fluminense yang harus keluar dari kompetisi.

Fluminense sempat tertinggal terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh William Barbio. Namun Fluminense sendiri langsung bangkit setelah Wagner dan juga Samuel sukses mencetak gol dan juga berhasil membalikkan keadaan untuk mengubah papan skor menjadi 2-1. Namun ternyata kemenangan tersebut tidak mengubah nasib Fluminense di kompetisi LIga Brasil musim ini. Praktis mereka harus rela untuk turun kasta setelah sebelumnya berhasil menjadi juara di Liga Brasil tersebut.

Fluminense sendiri menemani salah satu tim raksasa Brasil yang juga harus rela untuk turun ke Serie B Vasco da Gama setelah mereka kalah dengan skor yang menyedihkan 5-1 dari Atletico Paranaense dalam laga terakhir di kompetisi Liga Brasil tersebut. Atletico Paranaense sendiri dengan kemenangan telak ini berhasil masuk dan lolos ke kompetisi Copa Libertadores musim depan. Fluminense dan juga Vasco Da Gama akhirnya menemani Ponte Preta dan juga Nautico yang sudah memastikan diri untuk berlaga di LIga Brasileiro Serie B musim depan.

Dan tentu saja Fluminense harus rela memberikan gelar juara untuk Cruzeiro yang akhirnya memastikan gelar pada tanggal 13 November lalu.