Dec

18

Paris Saint Germain Ingin Lebih Dikenal Di Seluruh Dunia

By admin

Paris Saint Germain Ingin Lebih Dikenal Di Seluruh Dunia

 

Paris Saint Germain Ingin Lebih Dikenal Di Seluruh Dunia – Ingin meniru kesuksesan dari sejumlah tim mapan di Eropa membuat Paris Saint-Germain berniat menjejaki hal serupa. CEO klub ibukota Prancis, Jean-Claude Blanc menegaskan hal serupa dan ingin klubnya lebih dikenal kalangan dunia seperti Real Madrid, Barcelona dan Manchester United.

Pencinta sepakbola dunia tentu tidak asing lagi bila mendengar ketiga nama klub tersebut, dan oleh karena itu Blanc sangat berharap bisa menjejaki langkah ketiga tim raksasa di Eropa dalam urusan yang jauh lebih penting lagi.

Sejak Qatar Sports Investments (QSI) mengakuisisi klub tersebut pada musim panas 2011, seakan-akan performa pemain-pemain yang biasanya hanya bisa berbicara di kompetisi domestik, kini jauh lebih bersinar di kompetisi Liga Champions.

Sementara itu pelatih Laurent Blanc mengungkapkan bahwa tim asuhannya belum berhenti sampai disini saja.

“Ambisi kami sudah jelas, yaitu ingin memperkenalkan Paris Saint-Germain menjadi klub yang dikenal oleh kalangan luas. Kami ingin berada dalam 10 besar tim ternama di dunia, dengan Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Ferrari atau merk ternama lainnya,” ungkap pelatih berusia 50 tahun.

 “Dalam dunia olahraga, terdapat klub-klub seperti itu, berkenaan dengan talenta yang dimiliki, mampu dikenal oleh kalangan luas baik di lokal maupun mancanegara. Dortmund merupakan salah satu tim yang cukup baik, namun potensi media yang mereka miliki seakan membatasi ruang gerak mereka sendiri. Kami beruntung bisa menggunakan Paris sebagai daya tarik utama.”

Sementara daya pikat pihak ibukota Prancis dapat mengangkat nama PSG, tetapi secara menyeluruh mereka juga tidak selamanya bakal memiliki dana yang besar untuk tetap mempertahankan tim yang mampu bersaing ketat di atas lapangan.

Pihak media Prancis memperoleh bocoran dari sebuah dokumen yang ditujukan kepada presiden klub PSG, Naseer Al Khelaifi, menunjukkan bahwa terjadi sebuah peningkatan permintaan dana sebesar lima kali lipat untuk meningkatkan anggaran klub dari 93,9 juta euro yang dibelanjakan pada musim 2010-11, menjadi 540 juta euro, dengan harapan bisa mewujudkan prestasi terbaik pada musim 2016-17, dan sekaligus memperkenalkan klub itu sebagai yang terbaik di planet ini.

“Kami harus menang, namun kami juga harus memahami arti kemenangan itu sendiri. Oleh karena itu, antara saat ini dan 2015, ingin membangun sebuah anggaran mencapai 500 juta euro. Maka kami akan memperoleh kesempatan untuk menyamakan kategori dengan tim seperti Real Madrid.

“Perjalanan kami masih panjang. Pada 2011, anggaran kami kurang dari 90 juta euro. Kini kami meningkat pesat menjadi 400 juta. Dan kami masih menyisakan 20 persen lagi yang harus dibelanjakan,” tegas Blanc, yang turut membantu pialang baru dalam mencari sebuah kesepakatan yang baru dengan beberapa ikatan sponsor yang mereka miliki.

“Semua klub tentu sangat bergantung kepada pemasukan dari penjualan tiket, makanan, minuman, tribun eksekutif, toko khusus pendukung klub, dan juga hak siar televisi, kompetisi Eropa, iklan, dan tentu juga pihak sponsor utama.

“Bagi kami, siapa pun yang ingin bergerak cepat, kami harus mengambil inspirasi dari apa yang sudah kami kerjakan, namun juga mencari sumber daya yang lain untuk pemasukan klub.”

Salah satu kesepakatan baru yang membuat pundi-pundi keuangan klub PSG meningkat setelah menjalin kerja sama dengaan Qatar Tourism Authority (QTA), yang konon nilainya mencapai 200 juta euro per tahun.