Aug

12

Bola Online Teknologi Garis Gawang Akan Segera Diefektifkan

By admin

Goal-line technologyTeknologi Garis Gawang Akan Segera Diefektifkan Bola Online – Para petinggi Football Association (FA) percaya diri dengan kehadiran teknologi garis gawang yang akan diperkenalkan di musim baru akan menghindari kontroversi yang baru-baru ini terjadi pada olahraga cricket melalui Decision Review System (DRS).

Sistem bernama Hawk-Eye yang digunakan pada teknologi tersebut, menggunakan 14 kamera yang bisa memutuskan apakah sebuah bola berhasil melewati garis gawang dan akan memberikan informasi kepada wasit yang memimpin jalannya bertandingan dalam hitungan detik melalui jam dan perangkat untuk telinga yang biasa digunakan.

Bagaimana Hawk-Eye bekerja? Kamera yang digunakan dalam sistem ini, berfokus pada masing-masing gawang, untuk melihat pergerakan bola di dalam lapangan. Sistem perangkat lunak yang digunakan lalu menggunakan “triangulasi” untuk menunjuk titik dimana lokasi sebuah bola bergulir di atas lapangan. Apabila bola melewati garis gawang, maka sebuah sinyal radio yang sudah di enkripsi terlebih dahulu akan dikirimkan ke jam yang biasa digunakan oleh wasit di pergelangan tangan mereka untuk memberi tahu bahwa bola masuk ke gawang. Dalam kebutuhan yang diajukan FIFA, keseluruhan proses akan terjadi dalam waktu miliseconduntuk memberikan keputusan.

Sekjen FA Alex Horne mengatakan bahwa sistem yang digunakan berbeda dengan sistem yang digunakan pada cricket.

“Keseluruhan proses dalam bentuk biner, apakah sebuah bola melintasi garis atau tidak? Kami memiliki sejumlah keunggulan”.

Komentar Horne datang di saat ketika DRS yang digunakan pada cricket masuk dalam pengawasan sejumlah pihak yang menuduh sistem tersebut masih perlu dibenahi dan belum ‘fit’ untuk digunakan, terutama seri Ashes yang baru berjalan.

Penggunaan teknologi garis gawang pada sepakbola di Inggris akan pertama kali dilakukan pada pergelaran Community Shield antara Manchester United dan Wigan di Wembley, Minggu besok dan teknologi tersebut akan digunakan di 20 stadion di Liga Primer musim ini.

Pemilik Wigan, Dave Whelan percaya bahwa FA sudah benar untuk memperkenalkan teknologi tersebut di laga Community Shield.

“Teknologi garis gawang sangat penting. Semua orang menginginkannya” Whelan berkata.

Berbicara di depan peluncuran sistem di Emirates Stadium, Ketua-Eksekutif Liga Primer, Richard Scudamore mengungkapkan bahwa ada 31 kesempatan di musim lalu dimana sistem tersebut akan mampu untuk membantu, dimana 3 dari 31 kejadian tersebut berakhir dengan keputusan yang salah Bola Online.

“Ini merupakan pengembangan yang menarik di dunia sepak bola.

“Ini merupakan sebuah sistem untuk memberikan keputusan sebuah gol, tidak hanya sebatas teknologi garis gawang”.

Wasit akan mendapat informasi dari keputusan yang di hasilkan oleh sistem melalui jam mereka, nantinya jam tersebut akan mengeluarkan suara beep dan akan bergetar, lalu akan ada pesan yang akan terdengar melalui ear-piece mereka mengatakan gol, gol, gol.

Sementara untuk tayangan ulang dari sebuah keputusan yang dihasilkan sistem, akan di serahkan kepada pihak broadcasters dan akan ditunjukan di layar besar yang ada di stadion.

Hawkeye memenangkan kontrak selama lima tahun terhitung April, untuk menyuplai teknologi tersebut  bagi semua tim partisipan Liga Primer.

Sebelumnya, teknologi garis gawang sempat di gunakan pada Piala Konfiderasi di Brazil, yang di suplai oleh perusahaan bernama GoalControl, akan tetapi tidak ada insiden yang mengarah kepada situasi bola sudah masuk gawang atau belum Bola Online