Jul

15

Bola Online Garrincha Sang Penghibur Part 2

By admin

Garrincha Sang Penghibur

Bola Online – Tulisan saya kali ini akan melanjutkan kisah Garrincha, sang penghibur yang tak dapat dilupakan.

Kehidupan Garrincha yang berisikan mozaik antara kebahagiaan dan kesedihan, kejayaan dan keruntuhan sebenarnya sudah dimulai sejak dia belum lahir. Kakek nenek Garrincha dulunya adalah budal di Pau Grande, distrik Mage, negara bagian Rio de Janeiro tahun 1933.

Masa kecilnya dihabiskan dengan berenang di sungai dan menendang bola yang dibuat sendiri. Garrincha memiliki cacat pada kakinya karena itulah teman-temannya menjulukinya dengan nama Garrincha, burung kecil yang menyedihkan. Nama tersebut juga berarti makhluk kecil yang kuat dan ju7ga dipahami sebagai simbolisme atas ironi.

Kelaparan yang dialami di masa kecil serta polio yang dideritanya membuat Garrincha menjadi pemain didikan alam. Alamlah yang menempanya dengan keras, menjadikan dia seorang pemain yang memiliki bakat alam luar biasa. Kecakapan dan bakat yang dimilikinya membuat dia masuk dalam tim utama Botafogo. Garrincha kecil yang sering bermain sepakbola di keramaian jalanan, memiliki kemampuan alami untuk berkelok-kelok menghindari lawan, karena dia dituntut untuk kreatif selama bermain di tempat yang sempit pada masa kecilnya – Bola Online.

Bola adalah teman Garrincha sejak kecil. Bola menawarkan mobilitas sosial bagi mereka yang tak mampu membeli mainan – bola bagi anak kecil di kawasan kumuh Brazil bagaikan malaikat penolong, yang menawarkan anak-anak kecil kesempatan untuk membeli pakaian dan makanan sendiri, mengubah mereka menjadi super hero baru, dan bila beruntung, bola bisa membuat nama mereka menjadi abadi.

Garrincha adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah dilihat oleh dunia, mewarnai sepakbola dengan imajinasi dan intuitifnya, dikristalisasi dengan aksi yang membahagiakan penonton, dia adalah hiburan dalam sepakbola. Dalam pertandingan paling kompetitif pun, Garrincha sering menipu musuh dengan melakukan tendangan tipuan. Terkadang dia malah pernah mencungkil bola dengan pelan untuk mencetak gol. Baginya, gol dan cara mencetak gol keduanya merupakan hal yang esensial.

Permainannya dapat dikatakan sebagai sepakbola sensual tapi bagi defender, gerakannya adalah kekejaman. Defender lawan dapat mengejarnya seperti anjing yang putus asa mendapatkan bola dari majikannya. Kejam memang, tapi bagi penonton, kelakuannya adalah hiburan – Bola Online.

Saya pernah menunjukkan video tentang aksi Garrincha yang didapat dari youtube pada sepupu yang berusia enam tahun. Anak itu menyenangi sepak bola seperti saya waktu kecil, masa saat sepakbola berisikan spontanitas dan passion yang lugu, bahkan dapat membuat lupa tidur dan makan. Anak itu, secara cepat jatuh cinta pada pemain yang dijuluki ‘si burung kecil’. Dia mengatakan jika Garrincha bermain dengan kaki malaikat. Dia menambahkan :

“Aku tak tahu kalau kita bisa menjadi pemain yang bagus jika tak mengoper bola”

Yah, Garrincha bermain dengan hati riang gembira, dia bersenang-senang sendiri dengan bola dan lawannya.

Apa warisan dari Garrincha? Yang membuat dia begitu spesial di mata masyarakat Brazil dan pecinta sepakbola dunia?

Mozart membuat komposisi music dan bermain didepan bangsawan Eropa saat dia berusia lima tahun, tapi umurnya pendek dan harus mati karena sakit. Beethoven menangis saat dia mengetahui kalau ketuliannya menyebabkan dia tak dapat mendengarkan rangkaian applause yang akan diterima. Matinya Beethoven juga digambarkan orang banyak melalui jalan yang dramatis. Dia meninggal saat badai, fase dimana dia bertemu dengan suara paling menggelegar, kombinasi dari kilat dan angin. Padahal dia meninggal karena sirosis di hatinya.

Apakah saat nyawa terlepas dari jasad, hasil kerja kerasmu selama ini akan dikenang oleh orang banyak? Apakah yang ditinggalkan seseorang hingga membuat orang lain menjulukinya pembawa kebahagiaan?

Fakta tentang Garrincha akan dilanjutkan dalam tulisan depan.

<<< Bagian PertamaBola Online.

 

 Ditulis oleh Berita Bola Unik Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://beritabolaunik.com/bola-online-garrincha-sang-penghibur-part-2/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.