Jul

17

Bola Online Francesco Totti Gladiator Roma

By admin

Bola Online Francesco Totti Gladiator RomaBola Online – Kapten AS Roma, Francesco Totti, memiliki banyak nama julukan dari pendukung maupun media The Golden Boy, The King of Rome, atau The Gladiator, tiga di antaranya.  Semua menunjukkan betapa luar biasanya pemain ini, sesuai dengan seorang pemain yang memiliki begitu banyak rekor, seperti baru-baru ini dia menjadi pemain peringkat kedua di daftar pencetak gol paling banyak di Serie A dengan 227 gol, 47 di belakang  Silvio Piola di puncak, dan dengan usianya yang sudah mencapai 36 tahun, Totti tampaknya tidak akan memecahkan rekor Piola hingga akhir karirnya. Apalagi bila karirnya berakhir lebih cepat dari perkiraan, seperti yang secara tidak langsung diucapkannya minggu lalu.

Pada peluncuran seragam Roma untuk musim 2013/2014 minggu lalu, Totti memberikan petunjuk samar bahwa dia bisa mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola begitu kontraknya berakhir musim panas mendatang, sesuatu yang begitu mengejutkan bagi para fans setia I Giallorossi. Meskipun klub belum secara resmi membuka negosiasi kontrak baru bagi pemain Italia ini, bisa diperkirakan akan ada banyak sekali suporter yang akan mendukungnya untuk bermain lebih lama di Stadio Olimpico.

Tuntutan suporter itu bisa dimengerti, karena Totti masih jauh dari kata usai. Lihat statistiknya musim lalu, Totti merupakan satu di antara dua pemain yang bisa mencetak dobel digit untuk gol dan assist sekaligus musim lalu, satu lagi adalah Marek Hamsik dari Napoli, yang mencetak sebelas gol dan empat belas assist. Dua belas gol dan dua belas assist adalah jumlah yang seorang Francesco Totti bukukan untuk klub yang dibelanya sejak awal karirnya, AS Roma. Hanya Marek Hamsik yang mencetak lebih banyak assist dari Totti musim lalu. Kontribusi permainan Totti sendiri terhadap gol yang dicetak Roma mencapai 33.8%, menunjukkan betapa hebatnya kemampuannya dalam mencetak gol maupun menciptakan peluang. Dia sendiri menciptakan peluang bersih sebanyak 22 kali, tertinggi di Serie A musim lalu – Bola Online.

 Saking hebatnya performa Totti, dia meraih rating whoscored.com setinggi 7.54 – hanya kalah 0.04 poin dari Erik Lamela yang menjadi bintang  paling bersinar Roma musim lalu. Tentu bisa dimengerti bahwa AS Roma akan berjuang untuk mendapatkan tandatangannya di kontrak baru sebelum musim panas mendatang.

Totti juga dikenal sebagai spesialis bola mati, hanya Andrea Pirlo (32 kali) dan Francesco Lodi (30 kali) menciptakan key pass dari set piece lebih banyak dari Totti (29 kali) di Italia. Rataan tendangan ke gawangnya juga tertinggi di Roma, 3.6 shot on goal tiap pertandingan, nomer lima di Serie A. Memang akurasi tendangannya tidak mencorong, hanya 38.7^, tidak impresif bila dibandingkan secara langsung dengan para rivalnya dari klub lain – Bola Online.

Tidak ada yang bisa membantah, bahwa sebagai pemain nomer 10, atau trequartista, Totti merupakan pemain paling sempurna. Sepanjang musim lalu, Il Lupi mengandalkan pemain veteran Italia ini, dan dia tidak mengecewakan sama sekali. Kreativitasnya tidak diragukan lagi, dia melepas key pass – umpan yang berujung tendangan ke gawang oleh rekan setim – paling banyak di Serie A, 102 kali sepanjang musim. Bila dihitung dengan menit bermainnya, hanya Antonio Cassano di Inter Milan yang menciptakan key pass paling sering, sekali setiap 26.6 menit. Totti sendiri melakukan key pass sekali setiap 27.7 menit. Namun Totti bermain lebih sering dari Cassano, menunjukkan konsistensi yang hanya bisa didapatkan dari pengalaman. Totti juga melepaskan 48 umpan terobosan yang akurat, tertinggi di Serie A musim lalu, meninggalkan playmaker Juventus Andrea Pirlo di posisi kedua dengan hanya 31 umpan.

Totti dengan 12 golnya musim ini – hanya Osvaldo dengan 16 gol dan Lamela dengan 15 gol yang mengalahkannya di Roma, itupun banyak dari gol mereka berasal dari assist Totti – benar-benar membantu AS Roma meraih peringkat enam liga dan mencapai final Coppa Italia. Meskipun sepakbola level Eropa sekali lagi tidak dirasakan Totti dan para serigala Roma karena kekalahan tragis di final Coppa – Bola Online.

Dengan klub asal ibukota ini sekali lagi memasuki musim baru dengan pelatih baru, Rudi Garcia, yang sebelumnya selama lima tahun melatih klub Ligue 1 Lille, diharapkan Totti bisa kembali menunjukkan magicnya. Apalagi Garcia dikenal memainkan pemain kreatif sebagai pusat formasi 4-3-3 andalannya. Bagi Roma sendiri, bila Francesco Totti memang memainkan 12 bulan terakhirnya sebagai seorang pesepakbola, maka Roma akan kehilangan sosok begitu besar, yang  tidak mungkin bisa diganti dalam waktu singkat.

Dan biar saya akhiri tulisan ini dengan kutipan dari deskripsi pemain di situs AS Roma untuk Francesco Totti …  (http://www.asroma.it/en/team/francesco-totti/) – Bola Online.

 

”Tertulis namanya adalah Totti, namun dibaca sebagai Roma. Francesco faktanya bukan hanya kapten AS Roma, namun juga simbol klub ini. Dia kelahiran Roma asli, dari daerah San Giovanni, dan menjadi suporter Roma sejak usia yang teramat muda, saat dia pergi dengan skuter bersama teman-temannya untuk menonton Roma dari Curva Sud. Sang pemain nomer 10 ini tidak perlu ditanya lagi merupakan pemain nomer satu di sejarah tim ini. Angka-angka yang ditorehkannya mengatakan segalanya. Totti telah memecahkan dan mencetak banyak rekor yang ada selama karir panjangnya mengenakan jersey AS Roma, yang dimulai sejak saat dia masih anak-anak, dan masih berlangsung hingga sekarang … selalu dengan kaos yang sama, dengan antusiasme yang sama. Dia adalah epitom dari yang disebut ”bandiera” sepakbola, contoh bagi semua … Singkatnya, banyak gol, permainan menakjubkan yang tidak bisa dihitung, dan berbagai kenangan menakjubkan untuk diingat di hati semua fans Roma. Dia Totti, sang kapten. ”Il Capitano”” – Bola Online

 

 

Ditulis oleh Berita Bola Unik Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://beritabolaunik.com/bola-online-francesco-totti-gladiator-roma/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.