Aug

2

Berita World Cup Perang Hooligan Paling Spektakuler Dalam Sejarah

By admin

Berita World Cup Perang Hooligan Paling Spektakuler Dalam SejarahBerita World Cup – Di mana menurut anda, perang hooligan paling dahsyat? Inggris? Italia? Spanyol? Indonesia? Jawabannya salah semua. Mungkin tidak akan ada yang menduganya bahwa pengamat dan para pelaku sepak bola telah sepakat bahwa bentrokan hooligan terdahsyat yang pernah terjadi ada di tanah Yugoslavia atau sekarang dikenal dengan nama negara; Serbia Montengero.

Dalam sejarah perang hooligan, tak ada bentrokan yang sedahsyat berikut ini. Setahun sebelum Red Star menjuarai Piala Champions Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 1991, Red Star harus bertandang ke Kroasia yang saat itu masih di bawah Yugoslavia saat itu tahun 1990, untuk bertanding melawan Dinamo Zagreb. Tanda-tanda bahwa multietnis Yugoslavia tidak akan bertahan lama sudah bisa dilihat di seluruh kota Zagreb ketika itu. Dua minggu sebelumnya, Kroasia memilih tokoh ultranasionalis Franjo Tudjman sebagai pemimpin. Tudjman adalah jenderal purnawirawan dan mantan presiden kesebelasan Partizan Belgrade, klub sekota Red Star. Untuk membangkitkan semangat nasionalis rakyatnya yang telah lama tertidur. Tudjman memakai ikon-ikon Ustache, yaitu simbol-simbol fasis Kroasia yang berkolaborasi dengan Nazi dalam membantai ratusan ribu orang Serbia Berita World Cup.

Sewaktu Yugoslavia diperintah oleh tokoh komunis karismatik Marsekal Josef Broz Tito selama 35 tahun, dendam-dendam selama Perang Dunia II itu dipendam. Tito cukup menyatakan bahwa ungkapan perasaan semacam itu ilegal. Yugoslavia tidak pernah berdamai dengan kenyataan bahwa dua konstituen terbesar penduduknya pernah saling membantai. Sekarang, dengan bubarnya komunisme, luka lama itu kembali menganga. Serbia dan Kroasi secara terbuka saling membeberkan tindak kejahatan perang masing-masing. Dendam baru atau lawas ini tampak jelas kemudian di bawa sampai ke stadion sepak bola. Dalam pertandingan-pertandingan antara tim Serbia dan Kroasia, masing-masing suporter menyanyikan lagu pembantaiannya sendiri Berita World Cup.

Bagaimanapun juga, pertandingan antara Red Star dan Dinamo merupakan yang pertama kalinya dalam kurun 50 tahun di mana Yugoslavia melihat kelompok-kelompok etnisnya bertarung secara terbuka satu sama lain. Awalnya keonaran tampak terkendali oleh standar pertandingan Eropa, Suporter Red Star mencopot billboard dan berteriak, “Akan kami bunuh Tudjman.” Ketika suporter Dinamo mulai menimpuki batu, suporter Red Star menggunakan papan iklan sebagai tameng. Pagar pemisah antar pendukung kemudian hilang entah bagaimana caranya kedua suporter tiba-tiba sudah saling berhadapan dan saling baku hantam. Keributan melanda sekeliling stadion bahkan kemudian merangsek ke lapangan. Pihak-pihak yang bertarung sudah tidak jelas lagi, bahkan ada beberapa pemain yang ikutan berkelahi. Polisi mengendalikan situasi dengan tidak pantas. Ketika polisi mulai memukuli para suporter Zagreb, pemain Dinamo bernama Zvonimir Boban turun tangan dengan tendangan melayang ke perut si aparat. Beberapa helikopter turun untuk mengevakuasi para pemain yang bisa diselamatkan. Esoknya media-media sepakat menyebut bahwa itu adalah tawuran suporter yang paling dahsyat karena melibatkan hampir seluruh orang yang ada di stadion, suporter, pemain, ofisial pertandingan dan ofisial kedua tim Berita World Cup.

Ditulis oleh Berita Bola Unik Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Apabila anda hendak mengutip, baik itu seluruh atau sebagian dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://beritabolaunik.com/berita-world-cup-perang-hooligan-paling-spektakuler-dalam-sejarah/Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.