Jun

11

Akhirnya Phillip Neville Pensiun Juga

By admin

Phillip Neville - Berita Bola Unik.com

Gelandang Everton, Phil Neville telah memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau, hal ini menandakan akhir dari dari 19 tahunnya sebagai pesepakbola profesional. Adik kandungan dari Gary Neville ini membuka peluang untuk menjajal kursi kepelatihan atau manajerial setelah ia menyelesaikan pekerjaanya dengan timnas Inggris U-21 pada kejuaraan Eropa di Israel.

Neville yang saat ini sedang menyelesaikan kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi A dari UEFA telah membuat 505 penampilan bersama Manchester United dan Everton, memenangkan enam gelar Liga Primer, tiga Piala FA dan satu Liga Champion serta membela The Three Lions sebanyak 59 penampilan.

Pria berusia 36 tahun ini sempat dikaitkan dengan posisi staf kepelatihan di Manchester United, di mana ia akan kembali bertemu dengan mantan manajernya di Everton yang sekarang menukangi The Red Devils, David Moyes. Namun Neville mengatakan bahwa ia tidak akan membuat keputusan apapun sampai Piala Eropa U-21 usai.

Ketika ditanya apakah ia telah berhenti bermain setelah memutuskan untuk meninggalkan Everton pada musim lalu, Neville menjawab:

“Apakah anda tidak melihatku berlatih? Aku berbicara kepada Robbie Fowler tentang hal itu Minggu lalu. Dia (Fowler) tidak secara resmi pensiun. Tiga minggu yang lalu, semua orang tampaknya akan pensiun dan aku berpikir: ‘Aku tidak ingin terburu-buru, aku hanya ingin itu menjadi santai dan sedikit tenang.

“Dalam hatiku, aku tahu tidak akan bermain lagi pada level (liga) manapun. Hal yang aku inginkan hanya menepi sejenak,” kata Neville, seperti dilansir Guardian.

“Aku akan merindukan tanggal 4 Juli mendatang ketika Everton kembali untuk latihan pra-musim. Aku mencintai hari itu,” lanjutnya.

Neville yang juga dikaitkan untuk mengisi posisi manajer di Brighton mengatakan bahwa ia memiliki beberapa tawaran yang menghampirinya.

“Jika anda bertanya padaku dua bulan yang lalu, aku akan bekerja setahun di BBC atau media. Ini mungkin cocok dengan beberapa orang tapi aku tidak.”

“Aku akan pergi ke Piala Dunia tahun depan dengan BBC, tapi bukan sebagai pemain! Aku memang menikmati kerja di media, namun aku juga ingin bekerja jadi pelatih dan punya waktu lebih banyak di atas lapangan. Aku mempunyai dua pilihan (media dan pelatih) karena sudah memiliki tawaran dari dua pekerjaan itu. Aku akan memutuskannya pada akhir kompetisi (Piala Eropa U-21),” Berita World Cup

Neville juga menceritakan pengalamannya tentang kehidupan di Old Trafford di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, dengan mengungkapkan bahwa mantan manajernya di Manchester United itu tidak mengizinkan pemainnya mengambil jalur cepat untuk karir kepelatihan mereka. 

“Dia memberikan kami sebuah pelajara besar ketika aku mengambil lisensi B dengan Roy Keane, Gary [Neville], Nicky Butt dan [Ryan] Giggs,”cetusnya.

“Bila anda pemain sepakbola di Manchester United, anda mungkin mencari sedikit jalan pintas atau kami bisa mendapatkan seseorang untuk memberikan pelatihan kepada kami. Tapi dia mengatakan tidak ada jalur cepat untuk pelatihan atau manajemen.”

“Kami berkata:’Tapi kami harus pergi ke Lilleshall untuk dua minggu ketika musim panas'” ingat Neville.

“Dia berkata: ‘Lupakan itu. Bisakah kau menelepon FA dan bertanya apakah kami bisa pergi beberapa hari lebih awal?’ ‘Tidak, aku ingin kalian tinggal lebih lama.’ Itu merupakan guncangan terbesar yang pernah kami alami.

Kami berpikir: ‘Kami adalah pemain Manchester United. Kami tahu segalanya. ‘Dia berkata: ‘Sebenarnya kalian tidak memiliki jalan pintas untuk menjadi seorang manajer atau pelatih. ‘Dia telah menabur benih dari awal karir kepelatihan kami.” kenang pria kelahiran Bury, Inggris ini.