Nov

27

Ajax Amsterdam Kandaskan Barcelona

By admin

Ajax Amsterdam Kandaskan Barcelona

Ajax Amsterdam Kandaskan Barcelona – Juara Belanda, Ajax Amsterdam, berhasil mengalahkan Blaugrana Barcelona 2-1. Bermain di kandang sendiri, Ajax yang harus menjalani pertandingan dengan sepuluh orang ternyata dapat mengatasi perlawanan dan penyerangan sporadis Barcelona. Kedua klub yang disebut-sebut telah membentuk gaya permainan di sepak bola modern menjalin sebuah koneksi yakni Ajax merupakan penemu dari Total Football yang kemudian dikembangkan oleh Barcelona menjadi Tiki-Taka tentu saja menjanjikan sebuah permainan yang mengasyikkan. Apalagi ternyata ini adalah kunjungan resmi pertama Barcelona ke Amsterdam Arena dalam iklim yang sangat kompetitif. Sebelumnya Barcelona hanya pernah bermain di Amsterdam Arena dalam laga uji coba atau invitasi semata. Maka, pertandingan dipastikan akan kompetitif juga.

Pelatih tuan rumah yang juga merupakan mantan pemain Barcelona yakni Frank De Boer mempercayakan starting line-up kepada: Cillessen; Van Rhijn, Veltman, Moisander, Boilesen; Klaassen, Blind, Serero; Schone, Hoesen, Fischer, dengan formasi menyerang 4-3-3. Sementara itu pelatih Barcelona yakni Gerardo Daniel Martino juga setali tiga uang dengan Frank De Boer menurunkan formasi 4-3-3 dengan starter= Pinto; Puyol, Mascherano, Pique, Montoya; Xavi, Song, Iniesta; Pedro, Fabregas, Neymar. Jual beli serangan sepertinya akan terjadi mengingat gaya kedua klub memang adalah menyerang. Kedua tim yang menggunakan seragam kebesarannya karena tidak ada warna yang sama langsung saling tekan di awal pertandingan.

Siapapun yang mendapatkan bola akan langsung mendapatkan pressing ketat dari lawannya. Hal ini memang ternyata diinstruksikan kedua pelatih agar bisa mencetak gol terlebih dahulu. Lebih-lebih De Amsterdamer, mereka melakukan pressing yang ketat terhadap semua pemain Barcelona yang membawa bola. Itu dimaksudkan agar para pemain Barcelona tidak terlalu lama memiliki possession. Usaha ini berbuah hasil untuk para anak-anak Amsterdam. Adalah Thulani Serero yang membuat seisi Amsterdam Arena bersorak usai mencetak gol menyambut umpan silang Ricardo Van Rhijn pada menit ke-19. Ajax semakin percaya diri untuk bermain. Neymar sampai harus berulang kali ke belakang untuk menjemput bola karena pressing yang ketat diperagakan oleh para pemain Ajax yang dikomandani oleh Veltman.

Tiga menit jelang babak pertama berakhir, Ajax menggandakan kedudukan lewat Danny Hoesen. Kiper pengganti Valdes yakni Pinto membuat kesalahan mendasar dengan Pique. Bola yang terlepas dari pengawasan mereka berdua disambar oleh Hoesen yang nampak seperti menjadi gila usai membobol gawang Barcelona. Babak kedua seperti yang sudah dibilang sebelumnya, Ajax harus meneruskan permainan sejak menit ke-49 dan menerima hukuman penalti yang berhasil dengan baik dieksekusi oleh Xavi. Ada sedikit harapan untuk Barcelona apalagi komandan pertahanan Ajax yakni Joel Veltman harus diusir wasit. Tetapi Frank De Boer yang merupakan mantan pemain bertahan sepertinya tahu bagaimana mengakali kondisi ini. Dia berhasil mempertahankan kedudukan Ajax 2-1 Barcelona sampai akhir pertandingan.