Oct

30

Agen IBCbet Terpercaya Formasi Hilang 4-4-2

By admin

Agen IBCbet Terpercaya Formasi Hilang 4-4-2

Agen IBCbet Terpercaya Formasi Hilang 4-4-2 – Seorang manajer yang terkenal, tidak perlu disebut namanya, pernah mengatakan, “Inggris akan bermain dengan 4-4-fucking 2.” Sebuah ungkapan yang kemudian menyebutkan bahwa formasi itu adalah formasi standar yang dapat membuat sebuah tim seimbang sehingga bisa menahan laju serangan lawan. Tetapi, untuk banyak pemain muda yang akan menjadi pemain sepak bola profesional bisa jadi formasi ini kemudian akan menjadi formasi yang terlupakan saat mereka mulai bermain.         

Sepak bola modern lebih mengedepankan adaptasi dalam permainan. Sehingga kemudian ada sedikit modifikasi dari 4-4-2 yang kemudian diinovasi sedemikian rupa karena gaya bermain baru yang cenderung tidak tetap dan tidak baku. Karena pada kenyataannya pun seorang pemain tidak akan terus bertahan di satu posisi tetapi akan berpindah-pindah sesuai dengan di mana bola bergerak. Formasi hanyalah pedoman dasar. Maka dari itu kemudian terciptalah pola-pola seperti 4-3-1-2 ataupun 4-2-3-1 atau yang lebih ekstrem 4-3-2-1 jadi berturut-turut formasi mengalami  evolusi.

Sebagai contoh untuk formasi 4-2-3-1 di mana tentu saja berarti bahwa ada empat orang pemain belakang murni, dibantu oleh dua gelandang bertahan, kemudian ada tiga gelandang menyerang yang dibagi lagi biasanya menjadi dua sayap dan satu gelandang menyerang tengah, terakhir target man yang sendirian di depan. Sejujurnya ini adalah sebuah formasi yang sangat menyerang dibandingkan dengan formasi standar tadi 4-4-2. Walaupun kelihatannya pemain bertahan lebih banyak karena dibantu gelandang bertahan tetapi pada kenyataannya justru gelandang bertahan ikut naik membantu penyerangan bahkan sering kali dibantu juga oleh bek sayap  yang melakukan overlapping. Dan hal ini bisa bekerja dengan baik.

Atraktifitas dan keragaman formasi ini juga sangat menarik. Bagaimana kemudian bisa ada yang namanya istilah deep-laying playmaker atau false number nine. Istilah-istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahwa ada variasi permainan yang tidak melulu itu-itu saja. Andaikata masih memakai 4-4-2 permainan akan membosankan bukan?

Tetapi kenapa kemudian sebenarnya Formasi 4-4-2 ini sangat penting. Sebenarnya formasi-formasi baku ini sangat penting, khususnya untuk para pemain muda yang masih belajar taktik. Jika para pemain muda sudah dikenalkan formasi variatif dikhawatirkan kemudian perkembangan pendidikan dan bakat sepak bolanya tidak akan terasah dengan baik dan benar. Sesuatu yang sering kalu dilupakan oleh para pelatih. Seorang pemain muda yang tidak pernah diajarkan formasi baku akan kebingungan sendiri untuk mendefinisikan di mana posisinya berada dan posisi favoritnya.

Hal ini akan berakibat tidak terimplementasinya taktik dari pelatih sebuah tim sepak bola untuk sang pemain yang pada akhirnya tidak mengerti arahan dari sang pelatih. Sungguh berbahaya, jika pemahaman dasar memang tidak diberikan. Jadi memang sudah seharusnya formasi-formasi baku khususnya Formasi 4-4-2 tidak begitu saja dihilangkan dari permainan Agen IBCbet Terpercaya.