Jul

12

Agen Bola Garrincha Sang Penghibur

By admin

Garrincha Sang Penghibur

Agen Bola“Dalam sejarah sepakbola tak ada seorang pun yang bisa menghibur seperti dia”

Kutipan tersebut adalah rangkaian kalimat terkenal dari Eduardo Galeano tentang pemain yang dipanggil dengan nama Garrincha. Jika anda tak pernah mendengar tentang nama atau kehebatannya sekalipun, anda perlu meragukan status sebagai pecinta sepakbola.

Garrincha bagaikan saudara laki-laik, yang dipatenkan namanya selaras dengan burung kecil nan ceria – tapi punya nasib menyedihkan. Dia memiliki cacat pada tubuhnya karena kelaparan dan folio. Kedua kakinya melengkung ke satu arah, pinggulnya berbentuk seperti huruf S besar. Semua itu ditambah dengan ketidakdewasaan yang diakuinya sebagai akibat dari pengalaman hidup.

Memang bila bebricara pengalaman hidup tentang Garrincha akan didapati fakta menarik sekaligus miris. Dia pernah mengaku kehilangan (maaf) keperjakaannya dengan kambing. Ayahnya adalah seorang alcoholic, seorang pria yang sengaja membuat dirinya sendiri mabuk dengan meminum satu botol bir lokal, terkadang ayahnya memaksa Garrincha mabuk beberapa saat sebelum pertandingan.

Pria ini adalah seorang manusia yang eksistensinya unik. Dalam konteks penciptaan legenda seorang pesepakbola hebat, apa yang dialami Garrincha masih dalam tahap yang dimengerti secara rasional daripada pemujaan yang berlebihan terhadap idola. Manusia ini sering digambarkan dan memang pada kenyataannya bukanlah individu yang sempurna – Agen Bola

Garrincha yang mungkin meniru ayahnya juga menjadi alcoholic, dan dia adalah pria yang didefinisikan sebagai womanizer dalam kamus bahasa Inggris. Mempunyai empat belas anak dari lima wanita yang berbeda. Apakah itu sudah cukup untuk dianggap sebagai seorang womanizer? Pria ini juga pernah menjalin affair yang lama dengan penyanyi penyanyi samba. Dan perjalanan hidupnya bergerak ke pendulum yang menunjukkan bahwa dia harus kehilangan ibu mertua, saat Garrincha sendiri yang mengendarai mobil tersebut.

Garrincha adalah orang yang bisa membuat keajaiban, dalam konteks yang baik di atas rumput hijau. Tapi dia juga dikenal sebagai seorang yang membuat ‘keajaiban’ dalam konteks yang lain. Ironis memang.

Dia mendapatkan gelar sebagai juara dunia dua kali. Bukan pencapaian yang sembarangan karena seorang pemain terbaik seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo sampai sekarang sangat kesulitan untuk meraih gelar dunia. Bahkan untuk mencapai final Piala Dunia, dua orang pemain dengan rekor gol tak masuk akal di era modern ini belum pernah melakukannya.

Garrincha di Piala Dunia 1958 Swedia adalah pemain terbaik di posisinya. Empat tahun berikutnya di Chili, dia menunjukkan bahwa dirinya adalah yang terbaik di muka bumi.

Apa sih rahasia yang dapat membuatnya bermain begitu indah dan menarik perhatian kala memainkan jogo bonito khas Brazil?

Sebuah Koran Chili pernah menyatakan kalau Garrincha adalah alien. “Dari planet mana dia berasal?”, adalah kutipan yang digunakan Koran tersebut untuk mendeskripsikan kekaguman atas Garrincha. Bahkan sebelum Lionel Messi dinobatkan sebagai alien, Garrincha adalah pemain pertama yang berstatus sebagai alien. Pele? Anda pasti memiliki pengalaman yang sama dengan saya, yap, Pele yang hebat itupun tak pernah dipanggil sebagai ‘alien’.

Mungkin karena kehebatan Pele yang masih berada dalam tahap manusia normal, bukan diluar nalar seperti Garrincha.

Di Brazil masyarakat menamai anak mereka dengan nama terakhir dari kedua orang tuanya. Nama terakhir ibu Garrincha adalah dos Santos, sedangkan ayahnya adalah Francisco, tapi Garrincha tak bernama Fransisco karena ayahnya terlalu malas untuk menambahkan nama tersebut di akhir akta kelahirannya – Agen Bola

Toh nama adalah nama, gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, sedangkan Garrincha pergi meninggalkan julukan. Julukan yang dapat disimilarkan dengan kebahagiaan orang-orang yang menonton permainannya. Simak saja julukan ‘O Anjo de Pernas Tortas’, ‘the Angel With Bent Legs’ dan ‘algeria do Povo’ atau ‘the Joy of the People’ dalam bahasa Inggris.

Tapi dunia mengenal dia dengan nama yang simple, Garrincha.

To be continued

 

Ditulis oleh Berita Bola Unik Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://beritabolaunik.com/agen-bola-garrincha-sang-penghibur/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.